Thursday, April 15, 2010

Asal Mula Benda&Peristiwa disekeliling kita (ExtraOrdinary Thing)

Asal Mula Benda disekeliling kita, Peristiwa dan Tingkah laku pertama kali by (ExtraOrdinary Thing)

Siapa ya yang mulai ?

Terkadang kita ingin tahu kapan dan bagaimana asal mula benda-benda ataupun keadaan yang kita lihat sehari-hari ini terjadi, terkadang kita juga tidak tahu yang ternyata sesuatu itu telah ada ribuan tahun bahkan sebelum masehi dan kita tidak mengetahuinya selama ini. Bagi orang yang suka dengan kenyataan, sejarah halaman ini mungkin menarik dan berguna untuk anda ketahui. Disini ada ratusan asal-usul benda dan peristiwa, tapi saya hanya menuliskan peristiwa-peristiwa atau benda2 yang tidak asing buat kita dan yang berada di sekitar kita. Halaman ini juga sekaligus jadi kamus terpenting saya dan jika kamu ingin tahu lebih detail ttg asal-usul benda atau peristiwa-peristiwa ini, anda bisa kirim email. More detile of these story please contact us by email to sinyodendi@yahoo.com


Asal Mula Cincin Kawin (tahun 2800 B.C/ sebelum masehi)
Cincin emas mempunyai nilai yang sangat tinggi pada saat itu baik pada era mesir kkuno maupun pada era setelah kerajaan romawi. Selama 2000 tahun cincin menjadi suatu desain unik yang sangat populer di eropa dan di amerika sampai pada era flower child sekitar tahun 60-70 an. yang lebih dikenal sebagai symbul suatu hubungan/ikatan yang diletakkan pada salah satu jari.

Asal Mula Cincin di letakkan pada jari manis (abad ke 3 sblm masehi/3rd century B.C yunani.
Secara fisik jaman Yunani kuno mempercayai bahwa pada jari manislah terdapat suatu aliran darah. Aliran darah cinta yang datang dari jari ketiga menuju hati. oleh sebab itu jari manis dijadikan suatu symbol yang berhubungan dengan hati.

Asal Mula Roti Pernikahan (wedding Cake)
(abad pertama sebelum masehi/1st Century B.C Romawi)
Roti pernikahan memang tidak selalu untuk dimakan, melainkan sebagai symbol yang diberikan untuk seorang wanita, dan ini berkembang menjadi suatu symbol pelengkap kewajiban yang harus ada pada setiap pernikahan.

Asal Mula Baju Pengantin (Abad ke 16/16st century : Ingrris dan Perancis)
Baju pernikahan putih melambang suatu kemurnian dan kesucian bagi seorang wanita pada era itu.

Hari Ulang Tahun (3000 sblm masehi : Mesir/3000B.C : Egypt
Asal mula hariulang tahun diperingati bagi anak-anak keturunan raja pada saat itu, dan hampir semua orang-orang kerajaan yang mempunyai derajat dan pangkat yang tinggi, dan hari-hari itu dijadikan suatu peringatan tahunan bagi mereka.

Kue Ulang Tahun dan Lilin (akhir abad pertengahan) di Jerman
Kue ulang tahun dan lilin ulang tahun pertama kali dipopulerkan di jerman dan dijadikan sebagai symbol kebahagian untuk memperingati hari kelahiran.

Lagu Selamat Ulang Tahun (1893 : Kentucky)
Lagu ini yang sangat populer dinyanyikan diseluruh negara didunia yangternyata di publikasikan pertama kali pada tahun 1893, diambil dari lagu taman kanak-kanak yang berjudul "Good Morning to All" yang ditulis oleh dua orang perempuan bersaudara yangberasal dari lousville Kentucky

Kata-Kata Amin/Amien (2500 tahun sblm masehi:Mesir/2500 B.C Egypt)
Kata-kata amin yang sering kita dengar dan tertulis di suatu kitab agama baik itu islam dan kristen yang menyatakan : "so it tis" yang mengekspresikan suatu persetujuan dan menyatakan suatu kebenaran. ternyata diucapkan eprtama kali di mesir tahun 2500 sebelum masehi.

Berjabat tangan (2800 tahun sebelum masehi : Mesir/2800 B.C : Egypt)
Ini merefleksikan dari suatu kata benda dalam bahasa mesir yang berati "to give" atau memberi. Ini ditunjukkan pada hieroglyph yaitu patung bergambar yang menggambarkan jabat tangan. pada era 1800 sebelum masehi di babilonia juga ditunjukkan raja menghendaki untuk berjabat tangan dengan patung Marduk "patung kepala Dewa"

New year's Day (Tahun Baru) (2000 tahun sebelm masehi Babylonia/2000B.c)
Hari Peringatan Tahun baru merupakan event peringatan tertua secara universal dari seluruh hari libur "holy day" cukup aneh dan mengherankan, disaat itu padahal masih belum ada pengalenderan masehi.

Valentine`s Day (abad ke 5, Romawi/5 th Century, Rome)

Valentine Cards : (tahun 1415 Inggris/1415 Britain )

Mother`s Day : (tahun 1908 di Virginia/1908, Grafton, West Virginia.

Halloween : (abad ke 5 sebelum masehi di Irlandia/5th Century B.C Ireland

Thanksgiving 1621, Plymouth, Massachusetts

Christmas : 337, Rome


to be continued...









No comments:

Post a Comment